Senin, 20 Desember 2010

permasalahan serikat kerja masa kini

Serikat Pekerja / Serikat Buruh adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh dan untuk pekerja/ buruh baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja / buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja / buruh dan keluarganya. Hak untuk berserikat/berorganisasi dilindungi oleh Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja / Serikat Buruh.

serikat pekerja juga memiliki beberapa permasalahan yang bersumber dari faktor internal maupun eksternal, yaitu:

1. Permasalahan faktor Eksternal

* Rendahnya komunikasi dan kerjasama manajemen/pengusaha;

Permasalahan pekerja tidak akan terselesaikan apabila suatu manajemen perusahaan menolak atau tidak dapat bekerjasama dengan serikat pekerja. Padahal hubungan serikat pekerja dengan manajemen merupakan hubungan jangka panjang yang akan terus berlanjut.

* · Pemerintah

Hubungan pemerintah dengan serikat pekerja memang banyak terkendala karena pihak pemerintah lebih cenderung membela pengusaha dari pada pekerja.

* · Pekerja Imigran

Pekerja imigran sering kali menjadi kendala bagi anggota serikat pekerja. Hal ini dikarenakan kecenderungan perusahaan untuk memakai tenaga kerja asing pada posisi atau jabatan yang lebih tinggi, sehingga peluang anggota serikat pekerja untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi menjadi terhambat.


2. Permasalahan faktor Internal
* Keanggotaan

Anggota mengambil peranan penting dalam organisasi serikat pekerja, kurangnya kesadaran anggota akan pentingnya dalam berserikat sehingga mudah dipengaruhi dan melemahkan serikat pekerja.

* Anggota atau pengurus tidak menghadiri rapat organisasi,

Hal ini dikarenakan kurang tertanam dalam pikiran anggota atau pengurus mengenai pentingnya sebagai pengurus organisasi.

* · Rendahnya pengetahuan pemimpin dan anggota serikat pekerja yang terpilih sebagai pengurus

pemimpin serikat pekerja harus terlatih dan terampil dalam mengatur organisasinya. Sehingga pemimpin tersebut mempunyai kemampuan dalam mengatasi masalah anggota serikat pekerja yang dipimpinnya.

* · Iuran anggota

Masih sangat rendah kesadaran anggota akan arti penting iuran anggota, sehingga masih banyak serikat pekerja yang masih bergantung pada manajemen perusahaan dan donator lainya, baik nasional maupun Internasional.

* Pemimpin serikat pekerja “Kuning”

yaitu pemimpin serikat pekerja yang dikendalikan oleh managemen pemimpin serikat pekerja “Kuning”perusahaan/pemerintah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar