Sabtu, 12 Januari 2013

Jokowi Ingin Akses Jalan ke Pelabuhan New Tanjung Priok Tak Macet

 http://news.detik.com/read/2013/01/12/155258/2140440/10/jokowi-ingin-akses-jalan-ke-pelabuhan-new-tanjung-priok-tak-macet?9922032

Jakarta - Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru atau New Tanjung Priok, Jakarta Utara akan segera dibangun. Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) meminta Wamenhub Bambang Susantono agar jalan arah ke pelabuhan tersebut tidak macet.

"Saya juga tanya ke Pak Wamen seperti apa dan semua sudah direncanakan mengenai jalan dari mana menuju ke titik itu agar tidak macet. Semuanya saya pikir itu sudah direncanakan dengan baik," ujar Jokowi di Pengaman Laut dan Pantai (PLP) Ancol Timur, Jakarta Utara, Sabtu (12/1/2013).

Menurut Jokowi, perlu diperhitungkan juga beban ke pelabuhan tersebut. Termasuk beban biaya transportasi.

"Sebentar lagi kita akan groundbreaking yang pelabuhan Kalibaru yang nanti bebannya juga perlu dihitung. Terutama transport untuk menuju ke pelabuhan itu," kata Jokowi yang kompak mengenakan kemeja putih bersama istrinya, Iriana itu.

Jokowi juga menyebutkan, akan ada tol dan rel kereta yang langsung mengakses ke pelabuhan tersebut. "Ya tadi di jalan ada dua. Tol menuju langsung, kemudian rel juga menuju langsung ke sana. Jadi saya melihat itu terbuka,"
ucapnya.

Proyek Pelabuhan Peti Kemas Kalibaru ditargetkan harus sudah mulai beroperasi untuk satu terminal kontainer pada 2014 mendatang. Pemerintah telah menunjuk PT Pelindo II untuk menggarap proyek yang nilai investasinya Rp 11,75 triliun tersebut. Direktur Utama Pelindo II RJ Lino menyebut, Pelabuhan Kalibaru akan bernama New Tanjung Priok.

(nik/gah)

ANALISA: 
Terdapat # hal yang penting bahkan sangat penting dalam ekonomi, yaitu Produksi, Distribusi, dan Konsumsi. apabila salah satu dari 3 kegiatan pokok yang ada di dalam perekonomian terhambat, maka seluruh perekonomian akan lumpuh. kegiatan pokok yang ada dalam wacana diatas adalah kegiatan distribusi, kegiatan distribusi merupakan kegiatan yang menghubungkan antara produksi dan konsumsi, kegiatan ini menjadi akses terhubungnya dua kegiatan tersebut. menurut saya langkah yang di buat oleh bapak gubernur DKI Jakarta sangat tepan, guna memperlancarnya arus distribusi di jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar