Sabtu, 12 Januari 2013

Niat Swasembada Gula, Pemerintah Janji Buka 300 Ribu Ha Lahan Baru

Jakarta - Pemerintah terus menggenjot program swasembada pangan agar tercapai di 2014 nanti, salah satunya adalah gula. Untuk mencapai swasembada gula, pemerintah akan membuka lahan baru 300 ribu hektar.

"Dalam rangka program swasembada gula yang sudah terhambat lebih dari 2 tahun, akan dibuka 300 ribu hektar di 18 lokasi di luar Pulau Jawa," ungkap Menteri Perindustrian MS Hidayat di Jakarta, Jumat (11/1/2013).

Hidayat mengatakan, Kementerian Perindustrian akan bekerja sama dengan Badan Pertanahan Nasional, dan Kementerian Pertanian. "Karena gula sebetulnya bagian Kementerian Pertanian, karena revitalisasi jadi ada Kementerian Perindustrian," lanjutnya.

Lahan industri ini akan dibuka di 18 lokasi di luar Pulau Jawa. Hidayat mengatakan, masing-masing lokasi diperkirakan akan mendapat 20 ribu hektar.

Secara terpisah, Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan mengatakan, hal ini akan menjadi upaya pemerintah dalam mewujudkan swasembada gula di 2014. Walau dirasa cukup sulit, Rusman mengatakan ini akan menjadi fondasi bagi kabinet baru nantinya.

"Harapannya ini bisa selesai pada 2014. Walaupun tidak kami sudah memberikan fondasi yang kuat, kenapa strategis, karena kalau kita bisa merevitalisasi bahkan mebuat pabrik gula baru, itu kita akan mencapai swsembada walaupun bukan 2014, tapi sudah lebih feasible," kata Rusman.



(zul/dnl)

analisa : 
jika di pulau jawa terjadi pembukaan lahan, dan di kalimantan terjadi ilegaloging, dimana paru-paru indonesia? apakah pembukaan lahan harus dilakukan? karena menurut saya pembukaan lahan merupakan cara peng"legal"an dari ilegal loging, dan hanya merupakan jalan pintas untuk memperoleh lahan baru yang lebih produktif. jika begitu apakah bisa kita disamakan dengan manusia purba yang hidup nomaden, dimana apabila lahan yang ada tidak lagi produktif, mereka mencari lahan yang lebih produktif? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar